TIPS MEMILIH TEMPAT SEKOLAH UNTUK SANG BUAH HATI

Memilih sekolah bagi para para orang tua terkadang bisa menjadi hal yang membuat pusing. Sebab, memilih tempat pendidikan yang terbaik merupakan salah satu investasi untuk masa depan anak. Tentunya ada banyak pertimbangan yang perlu diperhatikan, bukan cuma mempertimbangkan sekolah yang dekat dengan rumah saja tetapi juga ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan ketika memilih tempat sekolah untuk anak. 


Tips Memilih Tempat Sekolah Untuk Sang Buah Hati

Nah, sebelum memutuskan untuk memilih tempat sekolah untuk anak ada baiknya mempertimbangkan beberapa hal berikut:

1.Kecocokan Dengan Kepribadian Sang Anak

Memilih sekolah juga harus mementingkan kepribadian anak lho, karena ketika anak di sekolah yang tepat maka dia akan lebih mudah untuk beradaptasi. Misal jika memperhatikan kepribadian anak yang aktif maka orang tua bisa memilih sekolah yang punya banyak kegiatan tambahan seperti pramuka, klub olahraga, musik dan kegiatan ekstrakurikuler lainnya. Sedangkan anak yang memiliki kepribadian gemar belajar maka orang tua bisa memilih sekolah yang memiliki sistem belajar dan juga tenaga pengajar yang menyenangkan. 

2.Kemauan anak

Ada beberapa orang tua yang terkadang ketika memilih sekolah untuk anak harus berdasarkan ambisi mereka. Padahal, hal ini justru berdampak tidak baik. Karena, anak bukanlah orang yang wajib memenuhi mimpi orang tua yang dulunya belum terwujud. Usahakan sebagai orang tua untuk selalu berkomunikasi tentang kemauan anak seperti apa. Nah, hal ini orang tua bisa mengarahkan sang anak dan memberikan gambaran mengenai berbagai macam pilihan sekolah yang dituju. Orang tua juga bisa memberikan arahan sesuai dengan kepribadian anak, eits bukan berarti orang tua menjadi penentu dalam memilih ya. Biarkan anak memilih pilihan mereka sesuai dengan kemauannya.

3.Mempertimbangkan biaya

Hal terpenting saat memilih sekolah untuk anak bagi orang tua yaitu mempertimbangkan biaya. Tentunya orang tua juga harus sadar keuangan yang dimiliki,. Jangan sampai memutuskan untuk memilih sekolah yang bergengsi, namun ternyata budgetnya tidak mencukupi. Biaya sekolah pun tidak hanya uang pangkal dan juga uang gedung. Tapi, orang tua juga harus mengetahui berapa biaya bulanan seperti SPP, membeli buku, jajan, seragam, dan sebagainya.

4.Akses untuk menuju sekolah

Banyak orang tua yang terkadang menyalahkan jarak sekolah yang terlalu jauh dengan tempat tinggal. Karena, ini akan menjadi PR besar untuk orang tua memikirkan bagaimana transportasi untuk antar jemput sang anak. Transportasi ini pastinya juga berhubungan dengan biaya yang dihabiskan pada saat antar jemput, apalagi jika menggunakan transportasi umum. Usahakan untuk memilih tempat sekolah yang mudah dijangkau dan aksesnya tidak terlalu jauh.

5. Mengamati kelebihan dan Kekurangan dari sekolah yang ingin dituju

Penting bagi orang tua untuk mengamati masing-masing sekolah yang ingin dituju, maka orang tua wajib untuk mengamati kelebihan maupun kekurangan dari sekolah tersebut. Selain itu, orang tua juga bisa meminta pendapat dari orang-orang yang sudah berpengalaman memilih sekolah untuk anak mereka. Sehingga, hal ini bisa menambah referensi bagi orang tua. 


Nah, bicara soal memilih sekolah untuk anak aku punya rekomendasi sekolah berbasis islami di daerah Jakarta yaitu Madina Islamic School. Hayo ada yang familiar dengan sekolah ini? Madina Islamic School merupakan salah satu sekolah islam terpadu Nasional-Plus yang menyajikan pendidikan yang berbasis islami dan juga berstandar nasional maupun internasional. Sekolah ini didirikan pada tahun 2004, di daerah perumahan Tebet, tepatnya Jakarta Selatan. Sekolah ini merupakan salah satu sekolah yang wajib para orang tua pertimbangkan, karena visi dan misi sekolah ini tidak perlu diragukan lagi keunggulannya. Ada beberapa manfaat dan keistimewaan yang dimiliki Madina Islamic School ini. Yuk, disimak ya buat para orang tua!

Manfaat dan Istimewanya Sekolah di Madina Islamic School

Sebelum mengetahui bagaimana manfaat yang didapat ketika menyekolahkan anak di Madina Islamic School wajib bnaget nih mengetahui apa aja sih keistimewaan yang ada pada sekolah ini, yaitu:

1. Memiliki beberapa kurikulum sesuai dengan tingkatan sekolah

Madina Islamic School merupakan sekolah inklusif dan terpadu mulai dari tingkat pre-school, kindergarten (TK), Primary school (SD), dan secondary school (SMP). Tentunya setiap tingkatan pun memiliki kurikulum yang berbeda sesuai dengan kebutuhan anak. Kurikulum yang diterapkan di sekolah ini yaitu kurikulum nasional, kurikulum berbasis internasional dari Cambridge School, dan kurikulum Al-Azhar Cairo.

2. Mengintegrasikan pendidikan berbasis sains dan agama

Hal ini tentunya menjadi pembeda Madina Islamic School dengan yang lainnya, karena pendidikan yang mereka terapkan berbasis sains dan agama. Karena, menurut pihak sekolah Madina Islamic School hal ini bukanlah hal yang sulit. Dari pembelajaran sains yang diterapkan tentunya tidak dapat dilepaskan dari peradaban islam. Bahkan makna yang tersirat dalam Al Quran pun mengandung makna-makna dalam ilmu sains.

3. Memiliki ijazah yang terakreditasi secara nasional maupun internasional

Bagi lulusan Madina Islamic School tidak perlu khawatir juga lulus dari sekolah ini karena para siswa akan diberikan ijazah yang sudah terakreditasi secara nasional maupun internasional. Sehingga target lulusannya pun dipercaya mampu untuk langsung mengikuti ujian masuk universitas-universitas unggulan nasional maupun internasional.

4. Menitikberatkan pada prestasi akademik, olahraga, dan kompetisi

Tidak hanya berfokus pada pembelajaran agama, anak-anak yang sekolah di Madina Islamic School tentu akan diimbangi dengan prestasi akademik, olahraga dan juga kompetisi. Hal itu dibuktikan dengan Data Dinas Pendidikan DKI Jakarta, bahwa SMP Madina Islamic School meraih peringkat pertama sebagai sekolah islam terbaik untuk nilai UN, Peringkat pertama untuk perolehan nilai UN mata pelajaran Bahasa Inggris, dan sebagai peringkat ke-12 sekolah terbaik se-DKI Jakarta lho.

5. Memiliki Fasilitas yang lengkap

Sekolah yang baik biasanya akan didukung dengan fasilitas yang lengkap, setuju nggak sih? Nah, di Madina Islamic School ini memiliki fasilitas yang lengkap mulai dari fasilitas indoor, outdoor, penunjang ekstrakurikuler, dan juga fasilitas lainnya. Bahkan, sekolah ini juga menyediakan fasilitas untuk konseling bagi orang tua maupun siswa. Selain itu, sekolah ini juga memiliki guru  bahasa Arab dan Inggris yang fasih dalam berbahasa.


Tentunya dengan banyak keistimewaan yang dimiliki oleh Madina Islamic School ini maka akan memberikan manfaat bagi para lulusannya. Misal seperti lulusan dari sekolah ini akan lebih mampu menerapkan nilai-nilai keislaman modern dan menjadikan Al-Quran serta sunnah sebagai landasan dan juga pedoman hidup, para lulusan di Madina Islamic School pun tentunya dipastikan sudah hafal alquran karena kurikulum yang diajarkan tidak hanya menitik beratkan pada sisi akademis tetapi juga dari sisi agama. Dengan kurikulum yang diberikan oleh Madina Islamic School ini tentu akan menghadirkan lulusan yang memiliki pendidikan akhlak berkualitas. 
Bagaimana, apakah tertarik untuk menyekolahkan anak di Madina Islamic School dengan beberapa keistimewaan yang sudah dijabarkan? Ingat ya, memilih sekolah anak merupakan salah satu investasi terbaik untuk masa depan.

Pesona Air Terjun Haratai di Loksado

1

Sudah musim liburan nih, banyak orang-orang yang bingung mau dihabiskan kemana waktu liburan inikan? Nah, untuk kalian gak perlu bingung mau kemana, karena ada banyak Destinasi Wisata Kalimantan Selatan yang wajib kalian kunjungi. Buat kalian yang jauh dari pulau Kalimantan, tenang aja! Karena, salah satu maskapai penerbangan Garuda Indonesia sekarang punya program “Wonderful of Indonesia”. Dan Kalimantan merupakan salah satu daerah pilihan yang termasuk dalam program ini. Wih! Kapan lagi nih terbang dengan Garuda Indonesia yang memang memiliki banyak kelebihan, sejauh apapun perjalanan kalian tentunya gak bakalan bosan. Karena dengan menggunakan Garuda Indonesia kalian gak perlu takut delay atau bahkan bosan karena disana kalian akan disediakan makanan yang enak, TV, MP3, bahkan majalah untuk membunuh waktu selama diperjalanan.

Nah, sudah tidak ragu lagikan untuk berkunjung menikmati Destinasi Wisata Kalimantan Selatan? Kalimantan punya banyak wisata alam yang tersembunyi loh! Salah satunya adalah Wisata Air Terjun Haratai. Mengapa disebut tersembunyi? Karena tempat wisata ini bisa dibilang jauh dari perkotaan, dan untuk pergi kesana pun memakan waktu yang cukup lama. Mulai ragu karena tempatnya jauh? Eits, jangan sampai hanya karena perjalanannya jauh kalian jadi ragu untuk berkunjung. Kalian harus ingat “sesuatu yang dicapai sulit, maka hasilnya akan memuaskan.” Karena wisata air Terjun Haratai ini memang memiliki keindahan yang akan membuat kalian kagum ketika melihatnya, bisa dibilang air terjun haratai merupakan salah satu surga yang tersembunyi.

Bagaimana rute menuju wisata Air Terjun Haratai?

Air terjun Haratai terletak di Desa Haratai, Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Provinsi Kalimantan Selatan. Untuk menuju wisata Air Terjun Haratai dari Bandara Syamsudinor menuju Kota Kandangan kurang lebih 120 km, kalian bisa menggunakan taksi arah menuju Kota Kandangan. Setelah dari Kota kandangan kalian harus menempuh perjalanan lagi sekitar 40 km menuju Loksado, kalian bisa menggunakan taksi dengan kisaran harga kurang lebih Rp. 20.000. Sesampainya di Loksado kalian harus menempuh perjalanan lagi menuju Desa Haratai untuk menuju wisata air terjun. Nah, untuk menuju desa Haratai dari Loksado kalian bisa menggunakan ojek sepeda motor saja , karena medan yang dilalui pun memang hanya bisa menggunakan sepeda motor atau berjalan kaki. Jika menggunakan sepeda motor waktu yang diperlukan sekitar 30 menit dan biasanya kisaran harganya untuk pulang pergi sekitar Rp. 70.000. Jika kalian berjalan kaki biasanya memerlukan waktu sekitar 3 jam tergantung kecepatan kalian berjalan sih, hehehe. Lumayankan, jalan-jalan sambil menikmati pemandangan disekitar.

0

Air Terjun Haratai dilihat dari atas

Perjalanan dari Desa Haratai menuju wisata air terjun haratai memang cukup menguji adrenalin kalian, karena sepanjang perjalanan yang kalian tempuh akan melihat pemandangan jurang. Namun, dilain sisi selama perjalanan menuju wisata air terjun kalian akan melihatpemandangan alam yang cantik dan natural seperti sungai yang alirannya deras, hutan meratus yang masih hijau dan asri, bebatuan besar membelah sungai amandit, jembatan gantung, bukit-bukit, kebun karet/kayu manis, dan beberapa rumah masyarakat dayak meratus. Tidak heran, jika selama perjalanan kalian akan menemukan masyarakat yang masih kental dengan budaya mereka, karena memang sebagian masyarakat disekitar daerah ini adalah masyarakat yang masih menjunjung tinggi nilai kebudayaan mereka yang dikenal dengan sebutan dayak meratus.

Saat menuju air terjun haratai, kalian melewati sekitar 4-5 jembatan gantung. Sampai akhirnya nanti pada jembatan gantung yang terakhir. Yey! Air terjun semakin dekat. Sepeda motor yang dibawa hanya cukup sampai disitu, tenang perjalanannya gak jauh lagi kok! Paling sekitar 10 menit udah sampai. Kalian akan memasuki gerbang yang bertuliskan “Taman Wisata Alam Loksado”, Nah disini kalian hanya perlu membayar Rp. 5.ooo/org untuk tiket masuk. Lalu, kalian harus melewati beberapa anak tangga setelah menanjak kemudian menurun dan kalian akan melihat pemandangan yang sangat indah. Air terjun setinggi lebih kurang 20 meter, arus air yang sangat deras, gemuruh air yang seakan-akan seperti alunan musik, dan dibawah air terjun seperti kolam yang airnya berwarna kehijauan. Pemandangan hutan meratus disekelilingnya menambah pemandangan air terjun tersebut tambah asri. Air terjun ini dingin loh, jika kalian pengen merasakan segarnya air pegunungan, jangan takut untuk mencoba berendam di kolam sekitar air terjun ini ya. Eits, tapi hati-hati aliran air yang ada disini cukup deras dan air di danaunya pun cukup dalam.

2

Jembatan gantung menuju Wisata Air Terjun

3

Gerbang masuk menuju Air Terjun Haratai

5

Anak tangga menuju air terjun haratai

11

Tangga dari Bambu untuk menuju air terjun haratai

Buat kalian yang lelah selama diperjalanan? Tenang aja, disekitar sini terdapat sebuah gazebo yang bisa dijadikan untuk bersantai sambil menikmati pemandangan air terjun haratai. Dari sini kalian bisa menikmati gemuruh air terjun, pemandangan hutan meratus yang masih asri, dan juga aliran air terjun yang melewati bebatuan cadas.

10

Gazebo untuk bersantai

12

Air terjun yang mengalir diantara bebatuan cadas

Nah ingin berkunjung ke Kalimantan Selatan? Ingin merasakan keindahan surga tersembunyi diantara pegunungan hutan meratus? Tertarik untuk merasakannya sendiri? Silahkan datang ke Kalimantan Selatan dan nikmati semua destinasi yang ada di Kalimantan Selatan ini. Air terjun haratai ini merupakan salah satu wisata yang dapat dijadikan sebagai potensi wisata di Kalimantan Selatan. Sudah seharusnya masyarakat sekitar atau bahkan pemerintah gencar untuk mengenalkan wisata ini kepada masyarakat di luar pulau Kalimantan ataupun mancanegara. Karena, wisata air terjun haratai memiliki pesona yang tak kalah menarik seperti tempat wisata diluar sana. Tentunya, wisata ini memiliki keindahan tersendiri sehingga orang-orang diluar daerah Kalimantan Selatan wajib untuk berkunjung dan membuktikan sendiri keindahan dan pesonanya.

 4

Tulisan ini diikutsertakan dalam:

lomba blog wisata kalsel

*sumber foto : dokumen pribadi*

Blog Baru, Semangat Baru!

Hai, ini blog aku yang baru hehehe. Sok-sokan banget yah bikin blog baru lagi, padahal blog yang lama aja udah banyak sarang laba-labanya . Tapi, dengan adanya blog ini semoga makin tambah rajin aja deh.  Tambah rajin ngisi blog sebelah fatimahaqila.com , dan pastinya blog Banua badangsanak.com. Aamiin…

Blog ini sih rencananya memang dikhusukan untuk bikin artikel yang bertema “Lingkungan”, doakan semoga terealisasi ya. Nah, kali aja dari kalian punya ide buat isi blog ini, hehehe. SEMANGAT!!!